Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Burung yang Lebih Mirip Alien Ketimbang Hewan

Ngopo.com - Di dunia ini ada begitu banyak jenis spesies burung yang bentuknya sangat bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta yang lebih tinggi dari manusia. Burung adalah jenis unggas yang merupakan anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap.  Diperkirakan ada sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia, dan lebih 1.600 jenis diantaranya terdapat di Indonesia.

Berdasarkan jumlah spesiesnya, Indonesia mendapat peringkat keempat di dunia. Jumlah spesies burung di Indonesia merupakan yang terbanyak keempat di dunia setelah Kolombia, Peru, dan Brazil. Bahkan jika diranking berdasarkan tingkat endemisitas, Indonesia merupakan negara dengan tingkat endemisitas burung tertinggi di dunia. Luar biasa bukan?

Nah sobat ngopo, sebagaimana dilansir dari laman detik.com ada beberapa jenis burung yang memiliki wajah unik yang bisa dibilang lebih mirip alien ketimbang hewan. Berikut ini ulasannya:

1. King Vulture


Burung ini dinamai King Vulture atau dikenal dengan Hering Raja. Tubuhnya besar dan merupakan pemakan hewan bangkai. Hobinya yang memakan hewan bangkai membantu planet bumi mencegah penyebaran penyakit daribangkai. Ia bisa ditemukan di kawasan Meksiko dan Argentina.  Nama burung ini pun konon diberikan dari orang-orang suku Maya, di mana ia dianggap sebagai "raja" yang membawa pesan antara manusia dan dewa.

2. Cock of the Rock


Cock of the Rock, adalah jenis burung asli Amerika Serikat yang memiliki kepala unik seperti kipas. Mereka bisa ditemui di daerah berbatu tropis dan subtropis. Uniknya, keindahan burung jantan ini salah satunya bertujuan untuk menarik sang betina.

3. Bird of Paradise


Bird of Paradise (Burung Surga) memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Ketika berhadapan langsung, ia akan menyerap sekitar 99,95% sinar matahari. Spesies ini masih tergolong baru, karena memiliki perilaku yang berbeda dengan burung-burung pada umumnya.

4. Golden Pheasant


Golden Pheasant, merupakan spesies burung yang berasal dari Cina Tengah, namun habitatnya dapat juga ditemukan di Inggris, Skotlandia, Spanyol, dan Perancis. Burung ini memiliki warna kuning emas yang membuatnya dinobatkan menjadi salah satu burung terindah di dunia. Burung ini juga memiliki keunikan dapat mendeteksi adanya ancaman atau bahaya dengan caranya yang tidak biasa.

5. Hornbill


Hornbill yang dikenal di Indonesia sebagai Enggang atau Rangkongmemiliki cula dibagian paruhnya. Hewan ini masuk kategori yang nyaris punah. Burung ini merupakan pemakan  buah, serangga, dan hewan-hewan kecil.

6. Christmas Frigatebird 


Christmas Frigatebird atau Cikalang Christmas memiliki kantung paruh merah dan perut putih. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ikan dan bagian tubuh binatang lain, baik yang masih hidup atau sudah mati yang memiliki habitat di laut. Burung ini hidup endemis di Pulau Natal, Samudra Hindia.

7. Burung Potoo


Burung Potoo memiliki wajah lucu dan unik. Ia termasuk burung nocturnal, artinya aktif pada malam hari untuk mencari serangga sebagai makanan utama. Potoo berburu serangga sambil bertengger pada batang pohon. Siang hari, burung ini bertengger di bagian ujung batang pohon untuk mengkamuflase tubuhnya sehingga seolah-olah jadi bagian pohon. Potoo memiliki cara bertahan hidup yang unik. Jika merasa terancam, dia akan membekukan dirinya pada batang pohon, tanpa gerakan tubuh apapun, termasuk bernapas.

8. Swinhoe pheasant


Swinhoe pheasant, atau dikenal Pegar. Burung ini memiliki populasi yang sangat kecil karena degradasi habitat. Burung Pegar berjenis jantan dapat tumbuh hingga 31 inci. Warna burung ini sangat cerah dengan dada biru-ungu, putih di bagian tengkuknya, warna merah di bagian kepala serta wajahnya.

9. Burung Condor 



Burung Condor adalah merupakan burung raksasa pemakan bangkai yang hidup di benua Amerika. Beratnya mencapai 15 kg. Dan jenisnya terdapat beberapa subspesies, salah satu subspesies yaitu condor andes atau andean condor.

10. The Mandarin Duck


The Mandarin Duck (bebek Mandarin) adalah spesies unggas yang terkenal berkat warna bulunya yang unik & terkesan indah. Burung ini asli dari Cina dan Jepang. Dijuluki sebagai bebek paling indah di dunia. Seperti kebanyakan bebek lain, mereka juga akan mencari pasangan dan kawin pada musim gugur.

Nah sobat ngopo, itulah 10 jenis burung yang terbilang unik dan lebih mirip alien daripada hewan.